Kamis, 15 November 2012

Mendadak Jadi Pegawai itu Rasanya.....

Okeh, sekarang gue, Anggi, orang yang selama ini udah nganggur hampir selama 4 bulan lebih, bisa mendapatan pekerjaan! tanpa sulap, tanpa sihir, apalagi jampi-jampi -_-

Tetapi meskipun gue menganggur, gue kan punya sebuah online shop di facebook yang gue urus sendiri bareng si author Be Ma Girl (sekalian promosi nih). Mau tau online shop gue dan si Mia yang sudah berdiri (jeilehhh) dari bulan september 2011?? Buruan klik MiSha Shoppa !!! Hehehehehe...

Jadi, awal cerita adalah gue, yang merasa lebih baik mencari pekerjaan karena nyokap kayaknya udah pengen gue jadi seorang pegawai meskipun paling cuma ngomong sekali dalam seminggu coz dia kan tau kalo anaknya juga punya bisnis yang diurus jadi yaaa ga nganggur-nganggur amat lah..

Nah, si Mia kan dari bulan Oktober emang udah niat banget resign dari kantor lama (alhamdulillah sekarang doski udah punya kerjaan baru tapi yaahhh FF BMG jadi agak mandek dan saya yang hanya sebagai editor hanya bisa pasrah).

Mia yang dah keburu diterima jadi pegawai di sebuah perusahaan ditelpon oleh kantor lain yang kalo disingkat jadi MPP. Nama kantornya kalian gak perlu tau lah, gak ngaruh wat kalian kan??

Nah, kayaknya MPP lagi butuh banget karyawan tuh soalnya dah tau Mia gak dateng wat interview, masih aja ditelpon ditanya apakah masih bisa dateng dsb. Karena itulah si Mia akhirnya menyuruh gue untuk coba ngelamar disitu.

Gue, yang sudah berkali-kali melakukan interview (dan interview yang terahir adalah yang paling buruk) merasa ini sebuah kesempatan tapi gak terlalu antusias banget. Toh, gue juga udah sidang jadi oke-oke ajalah ya...

Si Mia nyuruh gue ngelamar langsung bawa CV ke kantor. Gue mah malu banget! Mendadak langsung dateng gitu ngelamar, gak pake apply dulu di internet.

Akhirnya gue ambil keputusan untuk apply dulu lah di internet. Menurut gue, gue harus mengikuti prosedur. Yah, akhirnya gue apply deh tuh lowongan wat jadi staf keuangan (Accounting) melalui JobsDB.

Tapi karena ditunggu-tunggu gue juga gak mendapat telepon apapun, yah gue pun berpikir mungkin udah ada yang menempati tuh posisi karena kalo diliat dari cerita Mia sepertinya sih tuh kantor lagi butuh banget. Gue? Pasrahhh... Selooo... Cari yang lain... Kata mami eike, gak perlu nafsu nyarinya. Hahahahhaha!!! :)

So, gue pun tetap apply berbagai posisi di berbagai kantor. Tetap dengan slowww...
Temen gue juga kebelet cari kerja. Dia ngajakin gue ngelamar disini, disana, disitu.. semuanyah! Gue mah ayo ayo aja...

Eh, tiba-tiba ada telepon tuh sekitar tanggal 5 November kemarin sekitar jam 11an. Gue disuruh dateng ke kantor MPP itu. Gue ampe batin "lho? ternyata posisi itu masih kosong toh? kirain mah gue dah gak diperhitungkan"

Dan karena gue gak dapet telepon apapun dari kantor lain ya gue pun mencoba untuk dateng ke situ dah. Akhirnya esok hari, dengan bermodalkan CV seadanya, gue pun dateng ke kantor MPP. Kantornya kecil bok! Tapi gue mah antusias lah wat bisa masuk kesitu. Gue dateng jam 9 kurang beberapa menit lah. Setelah itu gue disuruh ngisi buku tamu dan menunggu.

Beberapa menit kemudian, ada orang yang turun trus ngambil CV gue dan gue dikasih soal. Gue disuruh ngisi semuanya dan dikasih waktu selama 40 menit. Soal nya cuma 2 kok, dikit banget kan? Tapi itu soal akuntansi bok! soal pertama itu tentang soal akuntansi yang ada transaksi per tanggal selama 1 bulan, gue disuruh bikin persamaan dasar akuntansi dan laporan keuangannya. Dan soal ke-2 itu tentang pph 21, gue disuruh ngitung pajak terutangnya. 

Untuk soal yang pertama, gue pikir masih gak masalah. Gue emang bener-bener gak belajar soalnya gue pikir hari itu cuma interview, gak ada embel-embel lain. Soal transaksi yang ada masih terbilang mudah, gue pikir untuk sampai ke laporan keuangannya gue masih bisa, tapi untuk soal ke-2? Oke, gue mulai bingung.

Akhirnya gue fokus dulu ngerjain soal yang pertama. Oia, waktu itu yang interview cuma gue seorang. Istilahnya gue gak punya saingan. Selama hampir setengah jam lebih gue pun berhasil menyelesaikan laporan keuangan (sampai laporan neraca dan hasil pekerjaan gue amat sangat gak rapih). Gue pun ngeliat jam, okeh sudah hampir mau habis dan gue pun memandang soal ke-2 yang tentang pajak. Gimana nih?? Gue pun mulai membayangkan alur pengerjaannya dari mulai gaji perbulan sampai PTKPnya. Dan mendadak gue panik. Gila, gue lupa PTKP untuk Wajib Pajaknya sendiri berapa. Nah loh!

Akhirnya gue pun memutuskan untuk menulis awal-awalnya aja. Siapa tau pas di pertengahan gue dapet ilham gitu. Dan ternyata beneran gue dapet ilham meskipun gue juga gak yakin sama ilham yang gue dapet. Tapi berhubung waktu udah sekitar 3 menit yang tersisa, gue hajarrr ajalah pokoknya. Mau hasilnya kayak apa juga gue pasrah. Siapa suruh gue gak belajar? Siapa suruh juga gue gak memikirkan kira-kira hari itu bakal dites juga apa ga? Aigoo -_-

Setelah 40 menit berlalu, datanglah seseorang lagi buat ngambil hasil jawaban gue dan gue disuruh menunggu lagi. Okelah..

Setelah itu gue pun dipanggil untuk interview yang sesungguhnya. Gue di interview sama seseorang yang tinggi gede namun tampilannya oke punya. Gayanya santai bro...

Gue pun mulai bercakap-cakap. Kebanyakan dia yang ngomong bukan gue, gue mah nimpalin doang istilahnya. Gue cuma inget gue tuh ditanya kuliah dimana, bonyok gue kerja apa dan dimana, berapa bersaudara. Selebihnya dia mulai cuap-cuap ngejelasin tugas/pekerjaan yang sebagian besar harus dilakukan di kantor itu (dan juga diselingi curhat).

Gue pun mulai berpikir apakah gue diterima atau gak soalnya dari nada-nada dia yang ngejelasin rincian tugas-tugas itulah yang membuat gue berpikir sepertinya dia nerima gue wat kerja disitu. Dan setelah penjelasan panjang lebar tersebut sampailah pada penentuan gaji. Gue pun bisa memastikan diri gue bahwa gue emang diterima disitu. Dan dia bilang gue udah boleh masuk mulai besok. Wow! Sesuatu yah...

Jadwal kantor adalah dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore (sebenernya gue gak bisa menerima hal ini tapi yasudahlah toh tempatnya juga deket dari rumah gue) dan bila dibutuhkan hari sabtu harus masuk (untuk yang ini sebenernya saya amat berat menerimanya). Tapi akhirnya gue memutuskan untuk mencoba untuk menjalani dulu sebagai karyawan disitu sebagai awal mula kesuksesan gue (asiikkk daaahh).

Setelah itu gue pun pulang sekitar jam setengah sebelas. Pas lagi di jalan gue masih bengong. Gue dah jadi orang kantoran nih? Beneran? Kok kayaknya janggal yah?? hahahahah... Tapi tak apalah. Toh lumayan nanti bisa nutup utang gue yang bejibun.

Mungkin kalo orang lain udah bakal senang gak terkira dapet pekerjaan. Tapi kok gue selo baek ya?? Biasa aja gitu. Gak ada gregetnya pisan. Ampe sekarang aja pun masih biasa ajah. Hahhahahah... Terserah dah kalo kalian mau bilang gue orang aneh. Gue mah jujur aja yah...

Namanya juga gue coba-coba, tanpa persiapan apapun pula. Makanya gue merasa mendadak jadi pegawai itu rasanya... ya biasa ajah. Meskipun gue bagian Finance, tapi karena sistem di kantor gue masih belum rapih maka dari itulah sampai sudah seminggu ini gue kerja, gue masih megang apa aja yang bisa gue pegang (baca: disuruh sama bos).

Pas gue masuk hari pertama pada tanggal 7, gue baru mengetahui bahwa karyawan nya cuma sedikit. Perempuannya cuma 3 (termasuk gue) dan 2 (cowok) untuk bagian desain. Sisanya adalah buruh, mereka termasuk staf produksi. Hadeuuhh....  Tak taulah saya bisa betah atau gak di situ. Meskipun sekali lagi, gue berada di posisi finance. Siapa nanti yang bakal ngurus online shop gue??? 

Sekarang cuma bisa ngurus pas pulang kantor ajah. Tapi apapun yang sudah diberi Tuhan kepada diriku ini, aku harus mensyukurinya *angguk2.

Okelah, sekian cerita saya sebagai pegawai baru yang baru banget kerja. Tanpa pengalaman apapun tapi bisa masuk ke posisi Finance. Hahahahahaha.... Anggap ini sebuah awal dari tangga kesuksesan. Wish me luck guys :)

2 komentar:

  1. Alhamdulillah atuh neng :D.. ciye ciye yang udah jadi pegawai.. jalanin dulu cinta, gue juga masih adaptasi tapi lebih adaptasi ke kerjaan ckckckk.. semangat semangat semangat.. btw nama gue banyak banget ya diatas :D

    BalasHapus
  2. iye makk..
    lah, mestinya seneng donk..
    :)

    BalasHapus